banner 728x250
Arti  

Arti Agnostik

Agnostik
Agnostik

 

Apa arti dari Agnostik – Pengertian Agnostik

Mungkin beberapa waktu ini kalian sering mendengar istilah agnostik yang dipopulerkan oleh Coky Pardede. Namun sebelumnya pernahkah kalian mendengar tentang aliran agama agnostik atau kepercayaan agnostik yang bisa disebut juga agnostisisme? Agnostik adalah aliran kepercayaan yang tidak percaya akan keberadaan Tuhan karena tidak bisa membuktikannya secara ilmiah. Akan tetapi mereka percaya pada hal-hal supranatural tentang sesuatu yang tidak diketahui.

banner 336x280

Sedangkan menurut KBBI, pengertian agnostik adalah seseorang yang mempunyai pandangan bahwa kebenaran tertinggi (contohnya Tuhan) tidak bisa diketahui dan mungkin tidak akan bisa diketahui.

Menurut seorang ahli Biologi berkebangsaan Inggris, Thomas Henry Huxley memperkenalkan kata Agnostic pada tahun 1869. Thomas menjelaskan bahwa arti agnostik secara sederhana adalah kepercayaan seseorang yang mengatakan kalau dirinya tahu atau percaya pada sesuatu yang dimana dirinya tidak memiliki dasar ilmiah untuk membuktikan kepercayaannya tersebut. 

Perbedaan Agnostik dan Atheis

Paham agnostik adalah suatu keyakinan dimana seseorang berpendapat bahwa ada atau tidak adanya Tuhan tidak dapat diketahui dan dibuktikan secara ilmiah. Agnostik memiliki lawan kata, disebut dengan gnostik yang artinya berpendapat bahwa Tuhan dapat diketahui sebagai ada atau tidak.

Baca juga:  Arti Tsundere

Asal kalian tau selain agnostik terdapat kepercayaan lainnya yang disebut dengan Atheis. Atheis adalah aliran kepercayaan yang tidak menganggap adanya Tuhan dalam kehidupan ini. Mereka tidak menganut agama apapun karena tidak percaya kalau Tuhan itu ada.

Bagi orang-orang yang menganut aliran agnostik, mereka tidak sangup untuk membuktikan keberadaan Tuhan dan lebih memilih untuk berada di tengah-tengah. Hal ini sangat berbeda dengan kaum Atheis. Bagi penganut aliran Atheis mereka benar-benar menolak dan tidak percaya tentang kehadiran Tuhan di muka bumi ini. Kaum atheis yang tidak percaya kepada Tuhan, juga tidak mempercayai adanya kehidupan setelah kematian.

Secara garis besar, aliran agnostik lebih mengedepankan ilmu pengetahuan. Akan tetapi mereka percaya tentang hal-hal yang berbau spiritual, walau ada beberapa orang yang juga tidak percaya tentang ritual keagamaan. Berbeda dengan aliran atheis yang tidak percaya akan adanya zat Maha yang bernama Tuhan di alam semesta ini.

Baca juga:  Arti Wibu

Perbedaan Deisme dan Agnostik

Kita akan kembali membahas aliran lain selain agnostik dan atheis. Disamping itu terdapat aliran lain yang disebut dengan deisme. Aliran deisme percaya akan adanya Tuhan tapi berpikir kalau Tuhan tidak memiliki hubungan apapun dengan makhluk di muka bumi. Kata deisme berasal dari Bahasa Latin “Deus” yang artinya Tuhan. 

Tokoh Agnostik

Untuk kalian ketahui sebenarnya ada banyak tokoh-tokoh penting yang menganut aliran kepercayaan agnostik. Berikut adalah beberapa tokoh penting yang sering kita dengar namanya karena kisah hidupnya yang sangat menginspirasi orang banyak.

Penulis

  • Henry Cadbury

Kelahiran tahun 1883 yang meninggal pada tahun 1974, ia merupakan seorang ahli kitab suci.

  • Frederick James Furnivall

Kelahiran tahun 1825 yang meninggal pada tahun 1910, ia merupakan seorang penyunting ke-2 Oxford English Dictionary.

  • Mencken

Kelahiran tahun 1880 yang meninggal pada tahun 1956, ia merupakan seorang jurnalis, kritikus sosial, pemikir bebas dan satiris.

Pebisnis

  • Warren Buffett,

Kelahiran tahun 1930, seorang investor berkembangsaan Amerika Serikat.

Baca juga:  Apa Itu Hikikomori & NEET, Inilah Asal Mula Dan Artinya

Artis

  • Brad Fitt

Aktor berkebangsaan Amerika Serikat ini lahir pada tahun 1963.

  • Larry King

Seorang pembawa acara dengan judul acara terkenal yang diambil dari namanya sendiri, Larry King Live, ia lahir pada tahun 1933.

  • Emilia Fox

Seorang Wanita berkebangsaan Inggris ini mmerupakan seorang aktris, ia lahir pada tahun 1974.

  • David Bazan

Laki-laki yang berprofesi sebagai seorang musisi, ia menulis lagu dan menyanyikan lagu ciptaannya, ia berkebangsaan Amerika Serikat.

  • Tom Bergeron

Lahir pada tahun 1955, ia merupakan seorang pembawa acara dari Hollywood Squares & Dancing with The Stars.

Nah setidaknya sudah sedikit terjawab semua pertanyaan kalian semua tentang definisi agnostik dan atheis serta deisme? Melalui artikel ini, kita jadi bisa membedakan aliran-aliran kepercayaan dengan cara yang sederhana dan bahasa yang mudah dipahami.

Dan teruslah haus akan ilmu dengan membaca dan perbanyak pengetahuanmu, agar tidak menjadi orang yang mudah ditipu oleh orang lain dan mampu menjelaskan kepada orang-orang sekitar kita yang masih belum mengerti, karena ilmu adalah kekuatan. Yang berarti orang yang memiliki banyak ilmu adalah orang yang kuat. Jadi jangan sekali-kali menjadi orang yang hanya bisa menyebut kata tanpa paham makna kata yang keluar dari mulutmu.

banner 468x60
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »