banner 728x250
Arti  

Arti Wibu

Arti Wibu
Arti Wibu

Apakah kalian familiar dengan kata wibu? Tapi apakah kalian tau apa arti wibu? Mau tahu arti wibu desu bau bawang, serta perbedaan wibu dan otaku? Langsung simak ulasan berikut ini ya!

Ada banyak istilah komunikasi atau percakapan yang bahkan kita sendiri tidak mengerti, misalnya kata wibu. Istilah ini kerap kali disangkutpautkan dengan jejepangan (segala sesuatu yang bersangkutan dengan Jepang). Namun, tahukah kamu apa sih arti sebenarnya?

banner 336x280

Arti Wibu

Berdasarkan dari beberapa sumber informasi yang cukup valid, kata wibu merupakan kata serapan dari bahasa Inggris yaitu weeaboo. Jadi kata wibu sendiri pada dasarnya merupakan kata yang dipergunakan untuk menggambarkan seseorang yang sangat mencintai budaya Jepang. Bahkan  nih, dirinya lebih mencintai budaya Jepang lebih dari budaya di negaranya sendiri.

Namun, tidak semua orang yang menyukai budaya atau karya dari negara jepang bisa lho dicap sebagai wibu (atau orang wibu). Orang bisa di cap sebagai wibu, hanya untuk kalangan orang yang sudah sangat mencintai budaya Jepang hingga menyeluruh atau total yang bisa dikatakan sebagai wibu. Namun ironinya orang yang menjadi wibu, misalnya di Indonesia sendiri, bisa mendapatkan cemooh, dijadikan lelucon ataupun diejek.

Baca juga:  Arti Tsundere

Ada ciri tersendiri mengapa sih orang tersebut disebut dengan wibu. Diantaranya adalah:

  • Sangat terobsesi dengan games ataupun semua hal yang berkaitan dengan Jepang.
  • Memiliki pengetahuan budaya Jepang yang sangat luas.
  • Menganggap jika budaya Jepang adalah budaya yang paling baik daripada budaya negara sendiri
  • Selalu menggunakan imbuhan kosakata dalam bahasa Jepang di kehidupan sehari-harinya,

Kenapa ada sebutan Wibu Bau Bawang?

Apakah ada diantara kalian yang pernah mendengar wibu bau bawang? Sudah disebut wibu tapi ditambah dengan bau bawang. Kira kira arti sebenarnya apa?

Jadi sebenarnya sebutan wibu bau bawang itu sendiri bersifat sangat subjektif dan diutarakan oleh beberapa orang saja. Faktanya istilah ini pertama kali dibuat dan menjadi heboh oleh Ericko Lim yang merupakan youtubers yang memuat konten negatif dan aneh. Tapi, sejujurnya tidak semua tahu apa sih itu wibu bau bawang.

Baca juga:  Apa Itu Hikikomori & NEET, Inilah Asal Mula Dan Artinya

Istilah wibu bau bawang ini sendiri digunakan untuk orang yang menggunakan foto profil berupa anime serta melakukan hal yang berbau Jepang tanpa ada pengecualian. Misalnya mengikuti event Jejepangan atau yang lainnya. Jadi, pada dasarnya wibu bau bawang ini lebih ke sindiran untuk wibu yang sudah over fanatic.

Ada beberapa tanda yang bisa kamu perhatikan nih, kalau orang itu adalah wibu bau bawang, diantaranya adalah:

  • Suka dengan berbagai macam games, komik atau apapun itu sampai tidak memperdulikan sekeliliingnya. Bahkan jika ada orang di sekitarnya, ia justru akan sangat fokus dengan apa yang hal tentang Jepang yang dinikmatinya.
  • Tidak memperdulikan mengenai penampilannya. Pokoknya asal tampil dengan pernak pernik Jepang, bahkan tampil dengan costplay karakter favorit itu sudah cukup membuatnya terlihat sangat
  • Menggunakan bahasa Jepang dalam kehidupan sehari-harinya. Sama seperti masyarakat saat ini yang menggunakan bahasa Inggris seperti Which is, wibu bau bawang juga menggunakan kata serapan tersebut.
  • Terlalu fanatic mengenai karakter anime.
  • Memiliki bau badan yang kurang sedap apalagi ketika ia datang ke acara jejepangan.

Apa sih Bedanya antara Wibu dan Otaku?

Lantas apakah wibu dan otaku itu sama? Kedua hal tersebut memiliki arti yang berbeda. Otaku itu sendiri muncul di pertengahan tahun 90an dan bisa bermakna positif atau negative. Itu tergantung dari penggunaan katanya lho.

Baca juga:  Arti Agnostik

Positifnya jika dipergunakan untuk menunjukkan ke orang yang menekuni bidang tertentu hingga menjadi pakar. Namun negatifnya, ditujukan ke orang yang terlalu fanatik dengan ke sesuatu misalnya manga sehingga ia kurang mampu untuk menjalin komunikasi dengan orang lain.

Walaupun sama-sama untuk istilah fanatic, namun, otaku hanya diperuntukkan untuk 1 bidang saja sedangkan wibu lebih luas yaitu menggilai apapun itu yang berbau Jepang.

Jadi sekarang kalian lebih tahu kan apa itu wibu dan apa itu otaku. Ingat selalu hargai apapun yang orang lain lakukan, lebih baik menerima perbedaan dengan kerukunan.

 

banner 468x60
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »