banner 728x250
Berita  

Daftar Gaji UMR Tertinggi di Indonesia 2021 Catat sekarang !

UMR Tertinggi

Untuk kalian yang tidak tau, Upah minimum adalah standar nominal terendah yang dipergunakan sebagai pedoman kalangan pengusaha dalam pembayaran upah pekerja di suatu perusahaan.

Karena Upah minimum sendiri tidak berlaku pasti di berbagai wilayah Indonesia. Setiap daerah memiliki standar upah yang berbeda, dan tidak semua sama, terutama upah minimum yang berada pada wilayah industry pasti akan lebih mahal daripada wilayah lain. Sebagai contoh, upah minimum di DKI Jakarta dan Bandung, maupun Surabaya berbeda.

banner 336x280

Masyarakat Indonesia mengenal istilah upah minimum dengan nama Upah Minimum Regional (UMR), atau yang kini sudah digantikan dengan istilah Upah Minimum Provinsi (UMP) dan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK).

Baca juga:  Jokowi Minta ASEAN Tangani Masalah Muslim Rohingya di Rakhine State

Informasi seputar UMR di Indonesia memang masih menjadi perbincangan hangat masyarakat. terutama bagi kalangan pekerja atau buruh yang saat ini masih berstatus sebagai pegawai pabrik. Karena banyak pekerja atau buruh yang beramai ramai merantau ke wilayah dengan UMK dengan rate yang tinggi hanya sekedar untuk menaikkan taraf hidup.

Untuk mengetahui hal tersebut, maka yang bisa menjadi acuan adalah upah yang berlaku pada UMK dan UMP di suatu daerah. CNBC Indonesia mencoba merangkum data UMP maupun UMK yang tersebar di berbagai wilayah.Lantas, berapa sih UMR tertinggi di Indonesia? Berada di daerah mana dan berapa besarannya?

Berdasarkan catatan Beberapa media besar di Indonesia, daftar UMP tertinggi di Indonesia memang berada di DKI Jakarta. Namun sisanya, berada di luar-luar provinsi seperti di Aceh, hingga Papua.

Baca juga:  Prabowo Resmikan Kantor DPD Gerindra di Banten

Berikut lima daerah dengan UMP tertinggi di tingkat provinsi :

– DKI Jakarta Rp 4.416.186
– Papua Rp 3.516.700
– Sulawesi Utara Rp 3.310.723
– Bangka Belitung Rp 3.23.023
– Sulawesi Selatan Rp 3.165.870

Berikut lima daerah dengan UMK tertinggi di tingkat kabupaten/kota : Meskipun UMP di tingkat provinsi berada di DKI Jakarta, namun terungkap fakta bahwa UMK tertinggi bukan berada di wilayah Ibu Kota. Berdasarkan catatan, UMK tertinggi berada di Kabupaten Karawang.

– Kabupaten Karawang Rp 4.798.312
– Kota Bekasi Rp 4.782.935
– Kabupaten Bekasi Rp 4.791.843
– Kota Depok Rp 4.339.514
– Kota Cilegon Rp 4.309.772

Untuk Artikel lainnya klik disini.

banner 468x60
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate ยป