banner 728x250
Opini  

Fenomena Jilbob Yang Menjamur dimana mana

Fenomena Jilboobs

Fenomena jilbab atau kerudung gaul namun terlihat seperti telanjang kini kian menjamur di social media. Sebelumnya fenomena ini sudah ada dari lama, namun karena faktor teknologi yang kian canggih dari hari ke hari semakin aktif dalam menunjukkan eksistensinya. Jilbab Gaul atau orang orang sering menyebutkan dengan julukan ‘jilboobs’. Apa itu?

Dalam ajaran Islam, setiap perempuan muslim atau muslimah diwajibkan menutup seluruh aurat di tubuhnya kecuali telapak tangan dan wajah. Namun memakai jilbab atau hijab bagi sebagian muslimah bukanlah perkara mudah, karena selain memerlukan komitmen dalam menggunakan hijab, juga harus mematuhi beberapa aturan yang melekat dalam menggunakan hijab.

banner 336x280

Hal ini tercermin, karena sebagian muslimah masih merasa berat untuk menggunakan hijab walaupun mereka mengerti mengenai kewajiban yang sudah ditentukan dalam Islam.

Penolakan terbesar perempuan umumnya dalam pemakaian hijab adalah, karena jilbab dianggap menganggu, tidak nyaman, tidak modis, merusakpenampilan, kampungan dan lain-lain.

Namun perkembangan kekinian hijab atau jilbab sudah masuk bagian dari fashion busana muslim. Saat ini berjilbab dianggap bukan hanya semata urusan kewajiban agama, tetapi sudah masuk dalam konteks keindahan penampilan atau kecantikan bagi sebagian muslimah.

Akibatnya banyak perempuan saat ini menggunakan hijab namun jauh dari nilai-nilai yang ditentukan dalam agama Islam. Salah satunya adalah dengan tenarnya kata ‘Jilbobs.” Jilbobs berasal dari kata ‘Jil’ (jilbab), dan ‘Boobs’ (Payudara), dari sini lahirlah akronim ‘Jilbobs.’

Baca juga:  Fenomena Akun Kampus Cantik Serta Fakta gelap yang Tersembunyi
Mode Berpakaian Jilboobs
Mode Berpakaian Jilboobs

Istilah Jilboobs sebenarnya telah menjadi perbincangan di sosial media sejak 2014 hingga kini. Bahkan saat ini jilboobs makin gencar menunjukkan eksistensinya akibat teknologi yang berkembang kian canggih, yang menyebabkan makin mudahnya untuk sharing berbagai macam hal.

Jilboobs sendiri adalah sebutan untuk menyindir wanita yang mengenakan jilbab tapi tetap berpakaian ketat hingga bentuk tubuh tercetak jelas menonjolkan bagian-bagian tubuh yang dianggap memiliki kelebihan.

Sisi Positif Akibat Maraknya Modifikasi Baju Muslimah

Modifikasi terhadap busana muslim akhir-akhir ini membawa banyak nilai positif. Salah satunya adalah semakin dekatnya wanita muslim dengan jilbab. Dari yang semula enggan untuk memakai jilbab, akhirnya bersedia mengenakannya.

Mode Berpakaian Hijab
Mode Berpakaian Hijab

Di era saat ini fashion semakin beragam dan menarik. Apalagi dengan adanya tren fashion para perempuan muslim yang menggunakan jilbab. Di berbagai tempat umum, pengguna hijab saat ini semakin bertambah dan bervariasi dengan tetap menggunakan pakaian muslim yang menutupi seluruh tubuh. Namun celakanya, tren fashion memiliki sekelumit sisi gelap yakni para perempuan muslim secara tidak sadar menjadi buruk karena munculnya fenomena Jilboobs.

Baca juga:  Penyambutan Bebasnya Saipul Jamil dan Perkara Memaafkan Pemerkosa

Menurut seorang perancang busana di ibu kota, penggunaan tren fashion jilboobs dipengaruhi oleh ragam busana masa kini yang kian modern, yang mampu membuat penggemar fashion tergiur untuk mengenakannya.

Kreativitas dalam membuat model-model baru kadang mengarah pada salah kaprah arti menutup aurat bagi muslimah.

Para desainer juga angkat bicara terkait fenomena jilboobs. Beberapa desainer menyayangkan model berpakaian jilboobs yang berusaha tampil modis tapi justru menodai prinsip dasar Islam.

MUI: Memakai Jilbobs Hukumnya Haram! 

Majelis Ulama Indonesia (MUI) secara tegas melarang pemakaian busana bagi muslimah yang masih memperlihatkan lekuk tubuh, karena tidak sesuai dengan apa yang menjadi syariat Islam mengenai cara berpakaian. MUI juga meminta pemakai jilbab agar tidak mengabaikan aturan berjilbab hanya karena fashion.

“Jilbab bukan mengenai tren yang hanya ikut-ikutan tetapi memang kewajiban menutup aurat sesuai ajaran agama,” sambung Yuanita..

Aturan berpakaian hijab
Aturan berpakaian hijab

MUI telah mengeluarkan fatwa haram terhadap pemakaian busana muslimah yang masih memperlihatkan lekuk tubuh. Hal ini termasuk bagi wanita pengguna jilbab, namun tetap mengenakan busana seksi yang memperlihatkan lekuk tubuhnya yang kini dikenal dengan istilah jilboobs.

“Sudah ada fatwa MUI soal pornografi. Termasuk itu tidak boleh memperlihatkan bentuk-bentuk tubuh, pakai jilbab tapi berpakaian ketat. MUI secara tegas melarang itu,” ujar Wakil Ketua MUI KH Ma’ruf Amin

Baca juga:  Kasus Viral baru ada tindakan: Perjuangan Korban Kekerasan Seksual di Indonesia

Menurut Kiai Ma’ruf, pihaknya mengharamkan hal tersebut lantaran aurat yang ditutup oleh muslimah tersebut tidak sesuai dengan apa yang menjadi syariat Islam mengenai cara berpakaian.

“Kalau begitu kan sebagian menutup aurat, sebagian masih memperlihatkan bentuk-bentuk yang sensual, itu yang dilarang,” tegasnya.

Dengan begitu, MUI pun mengimbau agar setiap muslimah yang sudah mengenakan jilbab untuk lebih memperhatikan cara berpakaiannya.

Komunitas Jilbobs Kian menunjukkan eksistensinya

Walau mendapat kecaman dan kemarahan dari berbagai kalangan, saat ini para pengguna jilbobs justru semakin berani menunjukkan keberadaan mereka. Terlihat dari semakin banyaknya foto ataupun video yang ber sliweran di media social seperti twitter, Instagram, dan bahkan Tiktok. Tidak jelas apa motivasi mereka dalam hal ini. Apakah semata demi penampilan yang dibilang kekinian, demi popularitas untuk meraih banyak follower sehingga mereka bisa menjadi selebgram atau ada unsur untuk melecehkan agama Islam?

Namun semua kembali kepada diri para wanita pengguna hijab, entah mereka memilih untuk berhijab sesuai ketentuan MUI, ataupun ingin tetap berpakain dengan tren terkini demi menggaet banyak followers agar menjadi selebgram.

Baca juga artikel berkaitan tentang ini disini.

banner 468x60
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »